Rencana Pembentukan Satgas Kemitraan di Wilayah Kerja Provinsi Jawa Barat

Bandung (18/11) – KPPU Kanwil III berkolaborasi dengan perwakilan dari Direktorat Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU Pusat mengisi kegiatan Temu Usaha Kemitraan Peternakan yang diselenggarakan pada Kamis, 14 Nov 2019 bertempat di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Produksi DKPP Prov. Jawa Barat beserta jajarannya, narasumber ahli dalam perunggasan, kemudian peserta adalah perwakilan dari dinas kabupaten dan kota provinsi jawa barat.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah disparitas harga yg tinggi antara harga jual perunggasan (ayam ras pedaging) di tingkat peternak dan tingkat konsumen. Oleh karena itu DKPP prov. Jawa barat secara khusus membahas perunggasan dalam kegiatan ini. Secara garis besar dibahas mengenai gambaran atau grand design ayam ras, pola kemitraan ayam ras yang ideal, serta pengawasan kemitraan perunggasan di jawa barat dengan tujuan untuk mengangkat UMKM perunggasan, khususnya peternak ayam ras.

Dalam kegiatan juga dibahas mengenai persiapan pembentukan satgas kemitraan. Sebagai catatan, KPPU telah memiliki Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pemerintah provinsi jawa barat yang salah satu ruang lingkupnya mengenai pengawasan dan pelaksanaan kemitraan. Pengaturannya meliputi pembentukan tim teknis pengawasan kemitraan. Oleh karena itu, PKS tersebut bisa menjadi dasar untuk memperkuat pembentukan tim satgas kemitraan di wilayah Jawa Barat. Namun terkait teknis, KPPU Kanwil III akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan unit teknis terkait di Pemprov. Jawa Barat.