Sinergi KPPU Kanwil III Bandung dan Pemprov. Jawa Barat dalam Rangka Harmonisasi Kebijakan Persaingan

Bandung (27/6) – KPPU Kanwil III Bandung melakukan audiensi kepada Biro Perekonomian dan Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Jawa Barat. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kanwil III Aru Armando dan Kepala Biro Perekonomian Rachmat Taufik Garsadi serta Biro Hukum dan HAM yang diwakili oleh Kepala Bagian Hukum Dewi Martiningsih beserta staf dan jajarannya.

Audiensi dilakukan dalam rangka koordinasi pelaksanaan harmonisasi kebijakan dan pengawasan kemitraan di Jawa Barat sebagai upaya pencegahan terjadinya praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat sehingga tercipta sinergi antara KPPU Kanwil III dengan Pemprov Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut juga, KPPU Kanwil III diminta pendapat terkait surat himbauan dari pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat kepada Bupati dan Walikota Provinsi Jawa Barat untuk dapat menghimbau agar seluruh pemilik  dan atau pengelola hotel, tempat hunian, restoran, cafe dan tempat wisata di wilayahnya untuk dapat menggunakan produk kerajinan berbahan dasar bambu. Selain itu, pihak Biro Perekonomian dan Biro Hukum Pemprov Jawa Barat menyampaikan keinginan agar kedepan, produk hukum di wilayah Pemprov Jawa Barat yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi, bisnis dan perdagangan dapat dikonsultasikan kepada KPPU.

Atas keinginan tersebut, pihak KPPU Kanwil III menyambut baik dan mengapresiasi langkah tersebut. Menurut KPPU Kanwil III Bandung, harmonisasi kebijakan diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah Prov. Jawa Barat.