KPPU Kanwil III Melakukan Kunjungan Ke Dinas KopUMKM Kab.Kuningan

(Kuningan 14/6) Bertempat di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Jl. Aruji Katrawinata No. 17, tim dari KPPU diterima oleh Ir. Bunbun Budhiyasa (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan) dan Dady Surachmat (Kepala BidangĀ  Pengawasan) untuk Audiensi.

Kunjungan dari tim KPPU ke DiskopUKM Kabupaten Kuningan sekaligus memperkenalkan Kanwil III KPPU Bandung, di Jalan PHH Mustafa dengan wilayah kerja di area Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, diharapkan kedepannya terjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan DiskopUKM Kabupaten Kuningan khususnya terkait dengan persaingan usaha maupun kemitraan.

Mulai Juni 2019 juga, Direktorat Pengawasan Kemitraan yang awalnya menjadi bagian pencegahan berpindah ke penegakan hukum, diharapkan kedepannya pengawasan kemitraan menjadi lebih tajam. Cara halus untuk perbaikan kemitraan belum mampu membuat kemitraan menjadi lebih baik, sehingga KPPU akan menggunakan cara lebih keras melalui penegakan hukum. Sosialisasi KPPU kepada UMKM yang telah beberapa kali dilakukan diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan bagi UMKM untuk lebih baik dalam melakukan kemitraan dengan usaha besar, sebagai contoh pengetahuan tentang perjanjian tertulis yang mencakup kegiatan usaha, hak dan kewajiban masing-masing pihak, bentuk pengembangan, jangka waktu dan penyelesaian perselisihan.

Selain itu, kami memberikan pengetahuan kepada UMKM tentang abuse of dominant position agar UMKM tidak diperlakukan sewenang-wenang oleh pelaku usaha besar, juga dapat memiliki perjanjian tertulis sebagai bukti hitam diatas putih apabila sewaktu waktu terjadi pelanggaran.