KPPU Kanwil III Menerima Kunjungan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat

Bandung (25/6) – KPPU Kanwil III menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat (Jabar). Dalam kunjungan tersebut, Kusmana Hartaji, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah III, Aru Armando beserta jajarannya.

Dalam diskusi antara KPPU Kanwil III – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar mengemuka pentingnya sinergi untuk mewujudkan persaingan usaha sehat dalam hal pengawasan kegiatan kemitraan di wilayah Jabar. Hal mana menurut Pak Tutus, panggilan akrab Kusmana Hartaji sejalan dengan visi Gubernur Jabar di sektor UKM, yakni “UKM Juara”.
Dalam tataran teknis, menurut Kepala KPPU Kanwil III, sinergi tersebut dapat dilakukan diantaranya dengan cara pertukaran data dan informasi, sosialisasi pengawasan kemitraan, dan penyelesaian masalah yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Usaha Kecil yang terdapat di Jawa Barat sebanyak 9.1 Juta pelaku usaha, diantara; 4.6 pelaku usaha disektor non pertanian, dan 4.5 pelaku usaha disektor pertanian. Terutama di Kota Bandung banyak sekali industri kreatif, dan fesyen. Dalam praktiknya, banyak sekali hambatan, dan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Untuk itu kedepannya, sinergi diantara Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar dan KPPU Kanwil III dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabar.